Monday, June 26, 2023

ANIES BASWEDAN TUKANG NGIBUL NAIK HAJI

Beredar unggahan video di YouTube yang menyebut bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan telah tiba di Mekkah, untuk menjalankan ibadah haji. Kedatangan Anies di Mekkah diklaim langsung disambut Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz.

Disebutkan pula, jika Raja Salman mendoakan Anies Baswedan jadi presiden Indonesia 2024, langsung di samping Ka'bah, kiblat umat muslim.

"Tiba Di Mekkah Hari Ini❗Anies Di Sambut Hangat Raja Salman Di Do'akan Jadi Presiden 2024‼️Viral News," judul video.

Thumbnail dalam video memperlihatkan Anies Baswedan memakai kain ihram berdampingan dengan Raja Salma bersama beberapa orang lainnya. Dan di depannya terdapat kait hitam dengan tulisan arab.

"MASYAALLAH!! DI SAMBUT RAJA SALMAN DI MEKKAH TEPAT DI SAMPING KA'BAH ANIES DI DO'AKAN JADI PRESIDEN 2024."

Setelah dilakukan penelusuran cek fakta merdeka.com dengan melihat secara keseluruhan isi video hasilnya tidak ditemukan pernyataan soal Anies Baswedan didoakan Raja Salman jadi presiden 2024.

Di awal video menampilkan Refly Harus terkait Demokrat yang mendesak pengumuman cawapres Anies Baswedan. Video itu diunggah di Channel YouTubenya Refly Harun berjudul "🔴LIVE! LAGI DEMOKRAT DESAK ANIES CAWAPRES! NASDEM: WONG MAU NAIK HAJI KOK DIDESAK!"

Video selanjutnya hanya menampilkan aktivitas dari Puan Maharani, Ganjar Pranowo dan Anies. Video tersebut tidak saling berkaitan dengan Anies.

Sedangkan narasi dalam video, justru berasal dari artikel berjudul "Soal Isu Berangkat Haji Bersamaan dengan Anies Baswedan, Puan: Tujuannya Ibadah, Bukan Politik," diunggah radar solo pada 20 Juni 2023.

Artikel berisi soal Puan Maharani yang akan bicara soal berangkat haji bersamaan dengan Anies Baswedan. Dia mengatakan berang haji untuk ibadah dan tidak ada kaitannya dengan diskusi politik.

Puan mengaku tak tahu jadwal keberangkatan Anies ke Tanah Suci. Namun, dirinya akan berangkat pada 22 Juni 2023.

Untuk thumbnail pada video, aslinya sudah diedit dari foto aslinya, seperti diunggah situs detik.com yang menampilkan Raja Salman yang didampingi Presiden Jokowi mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud menghadiahkan potongan kiswah kepada masjid Istiqlal. Orang nomor satu di Arab Saudi itu ternyata mengagumi Masjid Istiqlal yang sangat bersejarah.

Klaim Anies Baswedan didoakan langsung oleh Raja Salman setibanya di Mekkah supaya menjadi presiden 2024 adalah tidak benar. Tidak ada informasi terkait Anies yang didoakan Raja Salman supaya jadi presiden.

Faktanya, narasi dalam video  membahas soal komentar Puan Maharani keberangkatan ibadah haji yang bersamaan dengan Anies Baswedan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.


 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...