Thursday, June 22, 2023

ANIES SEBUT DP RUMAH 0% SOAL PEMBIAYAAN, AHOK: INI TERLALU RETORIKA

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mempertanyakan soal program rumah dengan uang muka (down payment/DP) nol persen gagasan Anies Rasyid Baswedan. Ahok merasa penasaran rumah macam apa yang ingin dibangun Anies dengan program itu.

"Saya penasaran, di berita-berita, pasangan Anies-Sandi soal rumah DP 0 persen. Rumah yang Bapak sediakan rumah apa? Rumah tapak? Rumah susun? Lalu yang berpenghasilan berapa? Apakah Rp 7 juta atau Rp 3 juta, karena Pak Sandi bilang yang berpenghasilan Rp 4 juta nggak mungkin punya rumah di Jakarta. Ini agak membingungkan," tanya Ahok kepada Anies dalam sesi debat pamungkas Pilgub DKI putaran kedua di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2017).

Anies pun menjelaskan program itu bukan berarti membangun rumah, tetapi tentang pembiayaan. Menurut Anies, nantinya rumah itu bisa dibangun pemerintah atau swasta.

"Saya nyuwun sewu, mbok menawi agak keliru. Kami tidak membangun rumah, tapi ini pembiayaan, instrumen pembiayaan. Bukan membicarakan membangun rumah, tapi kita carikan solusi sesuai pilihan," jawab Anies.

Ahok merasa Anies tidak menjawab pertanyaannya. Ahok lalu menyebut rumah yang sehat berukuran 36 meter persegi menurut penelitian, sedangkan rumah-rumah di gang-gang sempit tidak sehat dan tidak layak.

"Justru kita nggak tega, masyarakat nggak mampu, kalau dia beli di gang sempit yang nggak layak, kita tawari rusun," ujar Ahok.

Anies kembali menanggapi Ahok dengan menyebut 41 persen warga DKI tidak memiliki rumah sendiri. Untuk itulah, Anies menyiapkan solusi dengan cara program DP 0 persen tersebut.

"Kita siapkan solusi, bisa dikerjakan, bahkan private sector berminat. Ini sangat-sangat bisa, rumahnya tersedia. Yang terpenting keberpihakan, teknis ini akan berkembang, teknik pembiayaannya. Yang beda, kita bicarakan pembiayaan, suplai bisa dari masyarakat, dari pemerintah...," kata Anies, yang tak sempat menyelesaikan kalimatnya karena waktu yang disediakan telah habis.

"Saya jujur tidak menemukan jawaban. Ini terlalu retorika," ujar Ahok menanggapi Anies sekaligus menyelesaikan segmen debat antar-calon Gubernur DKI tersebut.

 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...