Thursday, June 29, 2023

CEK FAKTA: RAJA SALMAN IZINKAN ANIES PIMPIN KHUTBAH DAN IMAM DI MASJIDIL HARAM?

Sebuah video menarasikan bakal capres Anies Baswedan diminta oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz untuk menjadi imam di Masjidil Haram. Unggahan di video itu juga menyebut Anies juga akan memberikan khutbah

Thumbnail pada video menampilkan orang-orang sedang salat di depan Kabah. Sedangkan Anies berdiri di mimbar.

"SATU-SATUNYA CAPRES RI !! RAJA SALMAN MINTA ANIES PIMPIN KHUTBAH DIDEPAN KA'BAH || BERITA TERBARU," judul video yang diunggah di YouTube.

Sedangkan isi video memperlihatkan Anies sedang khutbah. Kemudian foto Anies dan Raja Salman sedang tawaf bersama.

Setelah dilakukan penelusuran oleh cek fakta merdeka.com, video yang mengeklaim Raja Salman mengizinkan Anies Baswedan pimpin khutbah dan jadi imam di Masjidil Haram adalah keliru alias hoaks.

Setelah dilihat secara keseluruhan, isi video tidak ada kaitannya dengan Anies jadi imam di Masjidil Haram. Video Anies sedang khutbah, diambil pada tahun 2011. Video identik dengan unggahan YouTube Anies Baswedan berjudul “ Anies Baswedan- Khotbah Idul Adha 1432”

Anies menjadi khotib saat salat Idul Adha di Masjid Al-Izhar, Pondok Labu, Jakarta Selatan, 6 November 2011.

Sedangkan foto Anies dan Raja Salman sedang tawaf bersama adalah hasil editan. Foto aslinya ada Jokowi sedang umrah pada tahun 2019.

Untuk narasi video, mengutip dari artikel berjudul “Guru Besar Komunikasi UI: Buruk, Cara Andy F Noya Mewawancarai Anies Baswedan” diunggah kbanews.

Guru Besar Ilmu Komunikasi dari Unversitas Indonesia (UI) Zulhasril Nasir menilai gaya Andy F Noya dalam mewawancarai Bacapres Koalisi Perubahan untuk Keadilan Anies Baswedan sebagai sesuatu yang buruk. Dia betindak seperti Jaksa Penuntut Umum dalam pengadilan pidana.

Dalam pencairan di Google juga tidak temukan informasi soal Raja Salman izinkan Anies Baswedan jadi imam di Masjidil Haram.

Video yang mengeklaim Raja Salman mengizinkan Anies Baswedan pimpin khutbah dan jadi imam di Masjidil Haram adalah keliru.

Isi video dan narasi tidak ada pembahasan soal Anies yang menjadi imam di Masjidil Haram.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...