Wednesday, June 28, 2023

SURVEI TERBARU POPULI CENTER: ANIES BASWEDAN KALAH JAUH DARI PRABOWO SUBIANTO DAN GANJAR

Calon presiden dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) Anies Baswedan menempati posisi paling rendah dalam hasil survei Populi Center yang dirilis pada Senin 26 Juni 2023.

Pada simulasi tiga tokoh capres 2024 nama Anies meraih 23,2 persen yakni 10 persen lebih rendah dibandingkan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dikutip TribunWow dari Twitter @Populi_Center, Ganjar sendiri menempati posisi pertama dengan raihan 35,8 persen lalu disusul oleh Prabowo dengan 33,4 persen suara.

Dalam simulasi tersebut terdapat 7,3 persen responden belum memutuskan pilihan dan ada 0,3 persen menolak menjawab.

Pada grafik yang dirilis Populi Center, popularitas Prabowo turun pada Juni 2023, sementara itu Ganjar justru naik.

Di sisi lain popularitas Anies yang anjlok drastis pada Oktober 2022 terus menurun hingga Juni 2023.

Populi Center diketahui juga merilis hasil cawapres dengan elektabilitas tertinggi yang ditempati oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam pertanyaan terbuka, Sandiaga Uno memeroleh voting 9,8 persen, kemudian di urutan kedua disusul oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan raihan 7,5 persen.

Dikutip TribunWow dari Twitter @Populi_Center, baru lah pada urutan ketiga ada Ketum PSSI sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir dengan raihan 5,9 persen.

Pada ranking empat terdapat Menko Polhukam Mahfud MD dengan suara 4,7 persen.

Sedangkan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada di urutan ke-6 dengan perolehan 3,9 persen.

Seperti yang diketahui, AHY digadang-gadang akan menjadi pendamping mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Namun Anies sendiri telah menyatakan kriteria tokoh yang akan menjadi cawapres pendampingnya adalah tokoh yang mampu mendongkrak elektabilitas.

Melihat hasil survei tersebut akan sulit bagi AHY untuk menjadi pendamping Anies.

Sementara itu Erick Thohir juga telah dirumorkan akan mendampingi Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto maju di 2024.

Tetapi Partai Gerindra telah mantap menyerahkan urusan cawapres kepada Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Sebagai informasi, survei Populi Center ini dilakukan dalam periode 5 sampai 12 Juni 2023. Dimana, sampel responden tersebar secara proporsional di 38 provinsi di Indonesia.

Dimana survei ini melibatkan 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat atau multistage random sampling.

Adapun metode pengambilan data survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka atau face to face dengan menggunakan aplikasi dari Populi Center.

Sementara, survei ini memilih Margin of Error (MoE) sebesar kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...