Saturday, July 15, 2023

ANIES HERAN KERAP DITANYA SOAL IKN: APA ADA MASALAH, YA?

Bakal calon presiden Anies Baswedan mengaku heran selama ini kerap ditanya soal keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan bila dia menjadi presiden berikutnya.

Anies menyampaikan itu dalam diskusi panel Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Makassar, Kamis (13/7).

"Bila ini adalah rencana baik pasti jalan terus. Pasti. Bila ini ada masalah, saya kadang-kadang heran, kenapa sering ditanyakan ya? Apa ada masalah ya sebetulnya gitu?" kata Anies di diskusi panel Rakernas Apeksi 2023 di Makassar, Kamis (13/7).

Anies merasa heran lebih sering ditanya sikapnya terhadap IKN ketimbang soal harga pangan hingga subsidi bahan bakar minyak.

"Tapi kok IKN selalu ditanyakan ya? Dalam alam bawah sadar kita ada pertanyaan ya sesungguhnya," kata dia.

Meski begitu, Anies tak menjawab secara gamblang soal keputusannya terhadap kelanjutan IKN jika ia menjadi presiden.

Ia hanya mengatakan bahwa program yang baik dan memiliki dasar yang kuat, maka tak perlu 'otot politik' untuk melaksanakannya.

Sebaliknya, program yang tak jelas manfaatnya, maka butuh 'otot politik' supaya dapat berjalan.

"Tapi kalau dia tak punya dasar kuat dan tak jelas yang dapat manfaat siapa, maka wali kota harus kerja keras pakai otot politik agar program berjalan," kata dia.

Joko Widodo telah memutuskan memindahkan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan. Pembangunan sudah mulai berjalan.

Guna mewujudkan tujuan ini, negara menganggarkan sekitar Rp466 triliun untuk proyek tersebut. Berasal dari APBN, kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU), serta investasi.

 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...