Wednesday, July 12, 2023

'JODOH' TERAKHIR DI KANTONG ANIES

Usulan kandidat bakal cawapres pendamping Anies Baswedan telah dikunci dalam satu nama. Kader PKS dan Partai NasDem sempat mengatakan nama tersebut akan mengejutkan publik. Namun Partai Demokrat tak setuju dengan itu. Sebab, mereka yakin, meski sempat muncul nama Khofifah Indar Parawansa dan Yenny Wahid, yang akan dipilih Anies ujung-ujungnya adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) alias usulan awal.

“Bicara elektabilitas, sih, nama-nama yang beredar kan bisa ketebak gitu, ketakar, yang elektabilitas tinggi itu siapa. Kan, begitu. Kalau bicara kejutan, nggak ada kejutan,” kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra kepada reporter detikX melalui sambungan telepon pada Kamis, 6 Juli 2023.

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera Mardani Ali Sera mengakui Anies sudah mengantongi satu nama yang akan menjadi 'jodoh' alias pasangan untuk maju dalam Pilpres 2024. Menurutnya, bakal cawapres untuk Pilpres 2024 tersebut akan memperkuat Koalisi Perubahan untuk Persatuan dan memiliki elektabilitas yang mumpuni.

"Soliditas koalisi penting, ya. Kami nggak mungkin mengorbankan koalisi dengan mengambil pihak lain yang membuat koalisinya jadi retak," kata Mardani

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan saat menggelar konferensi pers didampingi anggota Tim Delapan di Jalan Brawijaya X, Jakarta Selatan, Selasa (30/5/2023).

Sedangkan Surya Tjandra, juru bicara Anies Baswedan, mengatakan pemilihan bakal cawapres bukan hanya berdasarkan faktor rasional. Lebih dari itu, faktor emosional juga penting untuk dipertimbangkan. Sama seperti Mardani, eks politikus PSI tersebut percaya, Anies telah memilih dengan cermat, meskipun akan ada yang suka dan tidak.

Demokrat tidak memberikan jawaban tegas kalau bukan AHY yang dipilih oleh Anies, apakah Demokrat akan terus berada di Koalisi Perubahan atau tidak. Itu artinya, ada kartu as yang belum diumumkan.”

"Saya sih berharap yang memang punya pengalaman atau dia memiliki partai gitu ya supaya partainya jadi solid kan. Tapi bagaimanapun, saya berharap memang bisa mendukung presiden. Jaga marwah dia, harus punya jiwa leadership yang clear ya. Nggak boleh ragu dengan presidennya sendiri," ujar Tjandra.

Dia berharap cawapres pendamping Anies tidak hanya fokus merebut kekuasaan. Tapi juga bisa menjadi partner kerja yang mengeksekusi berbagai program strategis. Selain itu, terkait dinamika koalisi yang kerap bersitegang terkait pilihan bakal cawapres, menurut Surya, hal itu biasa karena sedang mencari yang terbaik.

“Tapi, yang pasti, sebisa mungkin lebih cepat lebih baik. Karena itu menentukan juga elektabilitas,” terang Surya pekan lalu.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai tampaknya, bagi Demokrat, menjadikan AHY sebagai cawapres memang merupakan harga mati.

“Demokrat tidak memberikan jawaban tegas kalau bukan AHY yang dipilih oleh Anies, apakah Demokrat akan terus berada di Koalisi Perubahan atau tidak. Itu artinya, ada kartu as yang belum diumumkan,” jelas Adi kepada reporter detikX.

Sejauh ini, Adi memandang negosiasi internal Koalisi Perubahan memang masih cukup alot, terutama Partai NasDem dan Partai Demokrat. Namun proposal politik dari Demokrat tak boleh diremehkan. Sebab, partai yang pernah berkuasa sepuluh tahun tersebut sangat mungkin berpindah ke lain hati.

“Kalau AHY dan Demokrat angkat kaki, Anies gagal maju, itu saja. Jangan (sampai) bikin sakit hati AHY dan Demokrat. Anies itu sudah nggak ada pilihan lagi. Pilihan mentoknya adalah AHY dan Demokrat, karena (didasarkan) kalkulasi politik, soal elektabilitas, termasuk representasi dari wajah oposisi itu,” ujarnya.

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...