Wednesday, July 5, 2023

RUMPUT JIS TAK STANDAR FIFA, AHLI AGRONOMI: DITANAM DI KARPET SINTETIS

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyoroti rumput Jakarta International Stadium (JIS) yang tidak memenuhi standar FIFA. Ahli agronomi untuk stadion, Qamal Mustaqim mengatakan masalah rumput di JIS karena ditanam di karpet sintetis.

"Rumput ini jenisnya japonica, cuma ditanamnya di karpet sintetis, ini yang jadi masalah hanya itu aja. Medianya terlalu dangkal sehingga akar tidak tembus ke bawah," kata Qamal, kepada wartawan di JIS, Selasa (4/7/2023) seperti dilansir detikNews.

Qamal merupakan Chairman Karya Rama Prima (KaerPe). Dia pernah menangani rumput di Stadion GBK untuk Asian Games 2018. Qamal turut hadir di JIS saat peninjauan dilakukan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketum PSSI Erick Thohir, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi.

Lebih lanjut, Qamal mengatakan rumput merupakan makhluk hidup yang butuh paparan sinar matahari penuh dan air. Dia mengatakan rumput di JIS tak semuanya terkena paparan sinar matahari.

"Air tidak terpenuhi karena akarnya dangkal, mataharinya tidak cukup, itu saja masalahnya," ucap Qamal.

Dia menuturkan, jenis rumput japonica butuh paparan sinar matahari 8 jam sehari. Sementara di sisi selatan JIS hanya setengahnya yang terpapar matahari.

"Yang daerah sisi selatan itu hanya setengahnya saja dari jam 9 (pagi) sampai jam 2. Selebihnya tidak kena matahari, itu saja masalahnya di sini," lanjut dia.

Qamal mengatakan untuk jangka pendek, solusi yang paling mungkin dilakukan dengan pemindahan lapangan yang sudah jadi dari lapangan golf.

"Solusinya sudah kita usulkan ke Pak Menteri bahwa yang bisa dilakukan memindahkan lapangan yang sudah jadi, salah satunya dari lapangan golf. Yang mungkin kalau Bapak-Ibu mengikuti pekerjaan kami di GBK, Asian Games 2018 itu memindahkan lapangan dari golf, itu yang bisa dilakukan. Kalau rusak kita harus ganti langsung secara soding namanya. Itu solusi paling dekat karena 3 bulan. Kalau jangka panjang ganti rumput yang tahan soding," lanjut dia.

Diberitakan sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketum PSSI Erick Thohir, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi meninjau Jakarta International Stadium (JIS). Peninjauan disebut sebagai salah satu persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 untuk memutuskan stadion-stadion mana saja yang akan dipakai.

Dilansir detikNews, Stadion JIS menjadi salah satu stadion di Jakarta yang berpotensi digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17. Akan tetapi, ada beberapa masalah di stadion yang harus segera diperbaiki di antaranya persoalan rumput yang tidak memenuhi standar FIFA.x

 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...