Monday, August 7, 2023

AKHIRNYA KABAR CAWAPRES ANIES TERUNGKAP

Pilpres 2024 diharapkan diikuti lebih dari 2 pasang capres dan cawapres. Harapan ini sepertinya akan terpenuhi. Sampai saat ini telah lahir 3 kandidat capres yang diprediksi akan berlaga di pilpres tahun depan.

Ketiga capres ini adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Ketiganya sudah mendapat dukungan dari gabungan partai politik (koalisi) yang memenuhi ambang batas PT 20%.

Para kandidat calon presiden ini masing-masing belum mempunyai cawapres. Pencarian sosok cawapres terus dilakukan di tengah manuver politik yang dilakukan partai politik.

Tokoh seperti Erick Thohir, Sandiaga Uno, Yenny Wahid, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan lain-lain digadang-gadang calon kuat cawapres. Dengan kelebihan dan kekurangannya mereka dianggap layak jadi pendamping capres yang akan berlaga di pilpres mendatang.

Drama pencarian cawapres Anies Baswedan cukup menarik perhatian publik. KPP sebagai koalisi pendukung Anies kabarnya telah membentuk tim khusus untuk menentukan cawapres. Mereka menyatakan jika nama cawapres sudah ada di kantong Anies tinggal mengumumkan.

Anehnya Anies Baswedan terlihat masih mencari-cari sosok cawapres, begitu juga dengan parpol pendukungnya. Bahkan internal KPP sepertinya cukup sering terjadi konflik. Nasdem dan Partai Demokrat cukup sering terlibat konflik.

Nasdem menuduh Demokrat memaksakan kehendak agar AHY jadi cawapres Anies. Ketua Bappilu Demokrat Andi Arief pernah mengatakan jika cawapres Anies tidak diumumkan bulan Juni maka Demokrat akan melakukan evaluasi menyeluruh. Pernyataan ini terdengar seperti ancaman.

Sempat dikabarkan jika cawapres akan diumumkan ketika Anies Baswedan pulang melaksanakan ibadah haji. Nyatanya sampai sekarang belum ada pengumuman tersebut.

Akhirnya masalah cawapres Anies ada kabarnya. Publik masih menunggu sosok yang disiapkan sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, memberi sinyal bahwa pengumuman akan dilakukan di saat-saat akhir menjelang pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Ibarat pertandingan sepak bola internasional seperti Piala Dunia yang kawan-kawan ikuti, dua menit terakhir, bisa berubah semuanya. Nasdem juga belajar itu. Jadi pengumuman cawapres Anies di akhir bukan karena koalisi tidak solid," kata Surya Paloh dalam diskusi dengan wartawan di Padang, Minggu (6/8/2023).

Pendaftaran pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 dibuka dari 19 Oktober hingga 25 November 2023. Jadi jika mendengar pernyataan Paloh, Anies Baswedan akan mengumumkan cawapresnya menjelang tanggal 25 November 2023. Yah itu mah sama dong seperti pilpres sebelumnya. Pengumuman cawapres selalu menjelang akhir pendaftaran.

Gembar-gembor sebelumnya ternyata hanya strategi saja untuk mendapat perhatian publik.

 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...