Wednesday, August 30, 2023

DI HADAPAN DOSEN DAN MAHASISWA FISIP UI, ANIES BICARA LANTANG: KORUPTOR HARUS DIBUAT MISKIN, DIAMBIL HARTANYA!

Bakal calon presiden Anies Baswedan menghadiri Kuliah Kebangsaan di FISIP UI, Selasa (29/8/2023). Anies menegaskan pada masa mendatang korupsi di Indonesia memang harus dihilangkan.

Ia menjelaskan, langkah-langkah pemberantasan korupsi harus bisa dituntaskan dan itu membutuhkan komitmen dari puncak sampai bawah. Anies menerangkan, setidaknya ada tiga jenis korupsi mulai dari korupsi kebutuhan, korupsi keserakahan dan karena sistem.

Jika karena kebutuhan, biasanya terjadi karena pendapatannya tidak sepadan dengan kebutuhannya. Kemudian, korupsi yang dikarenakan keserakahan dan dirasa tidak akan ada batasnya.

Menurut Anies, salah satu langkah yang bisa meredam hal-hal seperti korupsi karena keserakahan tidak lain merupakan rasa takut.

"Ketika ada hukuman yang menjerakan, maka hukuman itu bisa meredam keserakahan, lalu menjadi rasa takut," kata Anies, Selasa, (29/8/2023).

Ia merasa, dimiskinkan merupakan salah satu hukuman yang efektif bagi praktik korupsi. Karenanya, ia menilai, pelaku korupsi harus bisa dimiskinkan.

"Dimiskikan, diambil hartanya, disita hartanya, itu yang paling ditakuti koruptor, pemiskinan ini harus," ujar Anies.

Selain itu, Anies menyebut tindak korupsi yang dikarenakan sistem. Menurutnya, pemberantasan korupsi ini harus bisa dilihat, dipahami, dan dilaksanakan melalui tiga akar tersebut. 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...