Wednesday, August 16, 2023

JUSUF KALLA: KARENA SUDAH DIDUKUNG, SALAH KALAU ANIES TAK KUNJUNGI RIZIEQ SHIHAB

Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menilai kedekatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tak perlu dipermasalahkan. Ia menilai Rizieq tentu memiliki preferensi politik dan itu ditunjukkannya dengan mendukung Anies pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Oleh karena itu, Kalla pun menilai tak ada yang salah saat Anies mengunjungi Rizieq saat baru tiba di Indonesia pada 10 November 2020.

“Sebagai orang yang didukung malah salah kalau Anies tidak datang. Bahwa itu risikonya Anies, pemimpin pasti punya risiko dong dianggap begini. Terserah saja. Malah salah kalau Anies enggak datang sebagai orang yang terpilih karena dukungan Habib Rizieq," ujar Kalla dalam wawancara eksklusif bersama Pemimpin Redaksi Berita Satu Claudius Boekan di kanal YouTube Berita Satu, Jumat (4/12/2020).

Kompas.com telah mendapatkan izin dari Claudius Boekan untuk mengutip perbincangan tersebut. Kalla pun menilai tak ada yang salah dengan dukungan yang diberikan Rizieq Shihab kepada Anies pada Pilkada DKI 2017.

Kata Kalla, sah-sah saja bila seseorang mendukung calon pemimpin politik tertentu. Kalla menuturkan, pada era demokrasi orang bebas menentukan dukungan politiknya di setiap pemilu dan pilkada. Kalla pun mengatakan, saat ini Rizieq juga sudah terlepas dari status hukumnya sebagai tersangka lantaran polisi telah mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) terhadap dua kasusnya, yakni kasus chat mesum dan penghinaan Pancasila. Maka dari itu, Kalla bilang, semua orang juga tak perlu merasa bersalah bila bertemu dengan Rizieq.

“Dia (Rizieq) orang bebas, tentu obyektif juga pada saat pilkada lalu tentu karena dua saja calonnya (di putaran kedua), tentu kelompok Rizieq tak mendukung Ahok, pasti tidak kan,” tutur Kalla.

“Kalau tak mendukung Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) pasti mendukung Anies. Sederhana sekali pertanyaannya. Jadi sebagai orang yang didukung, malah salah kalau Anies tidak datang,” lanjut Kalla. 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...