Friday, September 29, 2023

SURVEI SMRC: CAK IMIN TAK BIKIN SUARA ANIES KUAT DI JATIM

Hasil survei terbaru yang dirilis Saiful Mujani Research Center (SMRC) menemukan suara bakal calon presiden Anies Baswedan tak menguat di Jawa Timur meski sudah menggandeng Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Saiful Mujani menyebut survei nasional ini ulai dilakukan secara tatap muka pada 2 September, persis saat deklarasi Anies-Cak Imin (AMIN) dilakukan. Survei berlangsung hingga 11 September 2023.

Ia merinci Anies Baswedan hanya mengantongi 14,2 persen di Jawa Timur usai deklarasi dengan Cak Imin. Suaranya masih kalah telak dari Prabowo Subianto 23 persen dan Ganjar Pranowo 44 persen.

"Artinya di Jawa Timur, di mana deklarasi itu (AMIN) terjadi, tidak membuat Anies Baswedan menguat. Kira-kira untuk sementara ini di hasil survei 2 September-11 September 2023," katanya dalam kanal YouTube SMRC TV, Kamis (28/9).

Bahkan, Saiful menyebut suara Anies di Jatim ternyata lebih rendah usai menggandeng Cak Imin. Pada survei sebelumnya 31 Juli-21 Agustus 2023, suara Anies di survei SMRC mencapai 20,4 persen.

Lalu dalam simulasi SMRC teranyar, AMIN juga kalah melawan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil dan Prabowo Subianto-Erick Thohir. Hasilnya, Anies-Muhaimin hanya mengantongi 12 persen suara di Jatim alias kalah telak dari Ganjar-RK 46 persen dan Prabowo-Erick 23 persen. Sedangkan 19 persen lainnya tidak menjawab.

"Jadi, kami melihat di Jawa Timur basis PKB, NU, dan basis Cak Imin sendiri, setelah dideklarasikan cawapres itu belum memunculkan satu kejutan. Harapannya kan ada kejutan, di mana dukungan terhadap AMIN menjadi lebih kompetitif terhadap Ganjar dan Prabowo," tutur Saiful.

"Jadi pada 2 September-11 September, kurang lebih seminggu atau 10 hari setelah deklarasi, tidak ada efek signifikan, tidak memperkuat pasangan AMIN atau Anies yang suaranya sekitar 14 persen tadi," imbuhnya.

Dari hasil riset itu, Saiful mengaku pihaknya menilai mungkin Anies-Muhaimin masih butuh waktu untuk mengampanyekan AMIN. Pasalnya, sampai survei terakhir SMRC ini sama sekali belum terlihat adanya perkembangan positif suara AMIN, khususnya di Jatim.

Saiful mengatakan kalau suara di Jawa Timur saja sulit berubah dan membawa Anies unggul atas Ganjar serta Prabowo, sulit berharap kemenangan AMIN di daerah-daerah lain di Indonesia.

"Sebaliknya, kalau di Jawa Timur saja yang merupakan basis dari PKB dan Muhaimin tidak mengalami kemajuan, mungkin akan susah dibayangkan akan terjadi perubahan yang signifikan di tempat yang lain," kata dia. 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...