Wednesday, October 11, 2023

GUS YAHYA: SAYA TERMASUK PENDIRI PKB, TAPI TAK BOLEH SERET NU KE DALAM PKB

Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengatakan dirinya termasuk pendiri PKB. Gus Yahya mengatakan sampai saat ini masih kader PKB.

"Ini sebetulnya sederhana, walaupun orang suka mencampuradukkan, tapi sebetulnya sederhana sekali. Saya sendiri pendiri PKB, termasuk. Saya ini salah seorang pendiri PKB. Bahkan, sebelum dibicarakan di PBNU, pada waktu itu saya ikut serta memulai pembicaraannya bersama sejumlah kiai," kata Gus Yahya di kantor PBNU, Jumat (15/9/2023).

Yahya menjelaskan rumahnya juga menjadi saksi pertemuan dalam mempersiapkan dokumen-dokumen partai. Sampai akhirnya diserahkan kepada jajaran pengurus NU saat itu.

"Pertemuan pertama kali parpol baru ini di rumah saya, di Rembang sana. Dan saya masuk tim untuk mempersiapkan berbagai macam dokumen di fondasional untuk partai baru itu. Kemudian di serahkan kepada PBNU yang mendirikan partai itu. Dan saya tidak pernah keluar dari PKB sampai hari ini," ucapnya.

Namun, semenjak menjabat Ketum PBNU, dia tidak menyentuh urusan politik partai meskipun masih berstatus sebagai kader partai.

"Tapi, sebagai Ketua Umum PBNU, saya tidak boleh menyeret NU ke dalam PKB. Sebagai Ketum (PBNU), menyeret-nyeret PKB sebagaimana halnya tidak boleh menyeret NU ke dalam partai yang lain untuk mendukung calon ini, calon itu. Karena tidak diperbolehkan oleh norma organisasi," tegasnya.

Sebelumnya, Gus Yahya ikut merespons ihwal deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Gus Yahya mengucapkan selamat atas duet Anies-Cak Imin itu.

"Pertama, ya, kami hanya bisa mengucapkan selamat sudah dapat jodoh gitu ya. Nggak jomblo lagi," kata Gus Yahya di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Sabtu (2/9).

Gus Yahya menegaskan tidak ada calon presiden maupun calon wakil presiden Pilpres 2024 atas nama NU. Dia mengatakan, apabila ada capres-cawapres yang membawa-bawa NU, hal itu merupakan atas nama pribadi.

"Saya tegaskan sekali lagi di sini, tidak ada calon atas nama NU. Saya ulangi ya, tidak ada calon atas nama NU. Masih perlu diulangi lagi ndak?" kata Gus Yahya.

"Jadi, kalau ada calon, itu atas nama kredibilitasnya sendiri, track record-nya sendiri, dan seterusnya. Tidak ada atas nama NU," sambungnya. 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...