Tuesday, January 23, 2024

AMIN K'O DI PUTARAN 1! PUTARAN DUA GABUNG GANJAR-MAHFUD

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan paslon capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD diprediksi akan bergabung dalam satu koalisi apabila Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 terjadi dalam dua putaran.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menjelaskan, prediksi tersebut berdasarkan hasil survei beberapa bulan belakangan di mana paslon capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka selalu unggul dibanding kedua rivalnya. Namun dia menegaskan data sementara itu masih sangat dinamis.

"Paslon 1 sama 3 itu saya melihat akan berusaha bergabung di putaran kedua kalau nanti terjadi ya," kata Djayadi.

Namun demikian, Djayadi melihat akan ada tantangan berat apabila dua paslon itu bergabung, terutama dalam menyeragamkan pilihan di akar rumput. Sebab, berdasarkan data sementara, pemilih AMIN akan beralih memilih Prabowo-Gibran di putaran kedua, apabila ternyata AMIN kalah di putaran pertama.

Pun hal senada terjadi pada pemilih Ganjar-Mahfud. Apabila Ganjar-Mahfud tidak lolos putaran kedua, maka pemilih mereka cenderung akan memilih Prabowo-Gibran.

"Di akar rumput, kalau dari data-data terlihat selama ini bahwa memang Pak Prabowo yang di tengah," ujar dia.

Meski begitu, Djayadi berpandangan apabila Ganjar-Mahfud dan AMIN bergabung di putaran kedua dan melawan Prabowo-Gibran misalnya, maka tetap ada cara agar melebur dua paslon itu tetap kuat dan solid.

Salah satu caranya adalah melalui instruksi elite parpol bahkan ketua umum. Ia pun melihat apabila dalam 1,5 bulan ini paslon 1 dan paslon 3 mampu berunding dan berencana berkonsolidasi, maka akan ada peluang bagi mereka untuk menyeragamkan suara di akar rumput.

"Salah satu contoh misalnya bisa dilakukan kalau Ibu Megawati bertemu dengan Pak Surya PalohI tu kalau terjadi putaran kedua ya," kata Djayadi.

"Misalnya AMIN yang masuk putaran kedua, Ibu Megawati menginstruksikan 'kita putaran kedua mendukung AMIN' itu mungkin berpengaruh ke akar rumput, demikian juga sebaliknya," imbuhnya. 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...