Monday, January 8, 2024

ANIES KENA ULTI PRABOWO: KERJAMU OMON-OMON SAJA. ANDA TIDAK PANTAS BICARA ETIK!

Debat ketiga calon presiden (capres) diwarnai momen silang pendapat yang melibatkan capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Keduanya pun saling lempar kritik dan sindiran satu sama lain.

Dirangkum detikcom, Senin (8/1/2024), debat digelar pada Minggu (7/1) di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Debat ketiga ini mengusung tema pertanahan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Anies Kritik Kebijakan Prabowo

Sedari awal debat Anies Baswedan tampak langsung melontarkan kritik terhadap capaian Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di bawah Prabowo Subianto yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan. Dalam paparan visi misinya Anies menyinggung soal hacker yang pernah membobol Kemenhan pada tahun 2023.

Anies awalnya bicara soal tantangan yang dihadapi Indonesia. Dia menyinggung sebanyak 160 ribu orang

"Dalam beberapa tahun ini lebih dari 160 ribu orang meninggal bukan karena serangan militer tapi karena serangan virus. HP kita, komputer kita diserang oleh cyber attack lebih dari 800 juta cyber attack," kata Anies.

Anies juga mengatakan Indonesia kebobolan dalam hal pencurian ikan dan pasir. Termasuk Kementerian Pertahanan yang diretas pada tahun 2023.

"Lebih jauh lagi ironisnya, Kementerian Pertahanan menjadi kementerian yang dibobol oleh hacker di 2023, sebuah ironi, karena itu kita ingin mengembalikan dan Rp 700 triliun anggaran Kementerian Pertahanan," kata Anies.

Anies juga bicara soal utang yang berkaitan dengan kebijakan Prabowo sebagai menhan. Menurutnya, utang-utang negara itu harus dipakai untuk aktivitas produktif.

"Yang harapannya nanti akan memperkuat juga GDP, di samping mengurangi kebocoran pajak, dan utang-utang yang kita gunakan untuk aktivitas produktif," katanya.

Anies menyebut ada utang negara yang tidak produktif. Salah satunya, menurutnya, utang untuk membeli alutsista bekas.

"Jangan utang itu digunakan untuk kegiatan nonproduktif, misalnya utang dipakai membeli alutsista bekas oleh Kementerian Pertahanan, itu bukan sesuatu yang tepat," ucap Anies.

Prabowo balas kritik Anies.

Suasana debat makin riuh. Prabowo bahkan menyindir pemimpin yang tidak hanya bermodal retorika.

Prabowo awalnya bicara posisi Indonesia di kawasan selatan yang dianggapnya dipandang negara lain. Menurut Prabowo, hal itu sebagai representasi capaian pertumbuhan ekonomi dan stabilitas negara yang terjaga. Prabowo mengatakan hal itu tidak akan tercapai jika Indonesia dipimpin oleh seseorang yang hanya modal bicara.

"Kita memimpin, kita mau bawa agenda itu ngomong. Omon, omon. Nggak bisa. Kenapa negara-negara selatan melihat ke Indonesia, karena kita berhasil membangun ekonomi kita," kata Prabowo.

Dia kembali mengatakan Indonesia tidak akan dipandang negara lain jika hanya bisa bicara tanpa beraksi. Prabowo lalu memelesetkan kata 'ngomong' dengan 'omon'.

"Jadi tidak hanya omon, omon, omon. Kerjanya omon saja. Tidak bisa, tidak bisa," ujarnya. 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...