Monday, January 1, 2024

ANIES UDAH GAGAL RUMAH DP NOL MALAH MAU REFORMASI KPR

Urusan bikin istilah, memang Anies tidak diragukan lagi kehebatannya. KPR, bukan cuma Kredit Perumahan Rakyat tapi bisa berarti Kapan Punya Rumah.

Anies lagi-lagi bicara soal kepemilikan rumah. Dia ingin ada perubahan dalam urusan Kredit Perumahan Rakyat (KPR), dan syarat KPR lebih mudah.

"Ini salah satu agenda utama kita, melakukan reformasi KPR. KPR untuk semua, itu judulnya. Kita ingin agar kredit perumahan rakyat jangan menjadi 'Kapan Punya Rumah', tapi kita menginginkan agar aturan-aturan untuk penunjang bagi pembangunan rumah itu dimudahkan," kata Anies.

"Supaya mereka-mereka yang bekerja di sektor informal non formal itu bisa mendapatkan akses. Yang kedua mereka yang bekerja independen. Seniman, budayawan, tokoh agama, tokoh sosial, tokoh masyarakat itu secara mandiri punya akses," ucapnya.

"Apalagi hari ini bank-bank milik negara salah satu keuntungan terbesar adalah dari KPR. Nah padahal bank-bank milik negara adalah tugasnya membantu negara membuat rakyat punya rumah," sebutnya.

Cukuplah warga DKI Jakarta yang tertipu narasi seperti ini? Dasar capres tidak tahu malu. Orang-orang masih belum lupa bahwa Anies berhasil mengibuli banyak warga DKI yang sangat berharap bisa punya rumah sendiri. Dengan syarat awal yang lumayan mudah, pelan-pelan syaratnya dinaikkan ke titik yang tidak terjangkau masyarakat menengah ke bawah.

Omongan sangat gede. Urus program rumah DP nol aja masih belepotan padahal itu adalah program unggulan dia bersama Sandiaga Uno.

Dan sekarang dia masih serius bahas soal rumah? Apa kabar rumah tapak di Jakarta? Lenyap tak berbekas, sama dengan keberadaan pohon-pohon yang pernah ditebang di kawasan Monas. Berlalu dihembus angin, lenyap dimakan waktu.

Sejujurnya kalau mau yang benar, bukan KPR yang dipermudah, tapi harga rumah dibuat terjangkau, atau kesejahteraan rakyat ditingkatkan, atau cari solusi bagaimana agar harga rumah tidak melambung tiap tahun atau bagaimana cara agar kenaikan harga rumah lebih kecil dari kenaikan upah.

Hanya orang bodoh yang mau masuk perangkap dua kali. Cukup satu kali terjerat janji manis yang tidak bisa ditepati. Mulut Anies terlalu gampang menyelesaikan masalah. Apa-apa terlalu digampangkan.

KPR itu Kapan Punya Rumah versi Anies. Tanya saja warga DKI, kapan punya rumah. Jawabannya akan mengarah ke Anies sendiri. Dia yang bikin masyarakat bingung kapan punya rumah. Sok mau reformasi KPR, reformasi rumah terjangkau untuk warga DKI aja gagal maning gagal maning. 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...