Thursday, January 25, 2024

ANIES UTANG 50M BUAT BAYAR BUZZER UNTUK MENJUAL NAMANYA WAKTU PILGUB DKI?

Belakangan ini mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut punya utang Rp 50 miliar pada Sandiaga Uno. Hal itu diungkap oleh Waketum Partai Golkar Erwin Aksa yang pernah jadi tim pendukung Anies-Sandiaga dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta tahun 2017.

Namun keduanya menyampaikan pendapat berbeda soal status utang Rp 50 miliar itu. Sandiaga mengaku enggan memperpanjang persoalan itu karena ia menganggap Anies sebagai seorang sahabat. Sedangkan perwakilan tim kecil Anies, Hendri Satrio atau Hensat mengklaim utang telah selesai saat keduanya memenangkan Pilgub DKI Jakarta 2017.

Lantas berapa dana yang dihabiskan buat kampanye Anies-Sandiaga Pilgub DKI 2017 silam? Simak penjelasan berikut ini.

Pengeluaran dana kampanye Anies Baswedan-Sandiaga Uno disebut telah tercatat sebesar Rp 19,03 miliar sampai 30 November 2016.  Hal itu disampaikan Sandiaga sendiri pada Desember 2016 lalu dengan mengungkap bahwa pengeluaran terbesar adalah kampanye dalam bentuk tatap muka dengan warga.

"Pertemuan tatap muka dengan warga adalah yang paling besar pengeluarannya sebanyak 39 persen," kata Sandiaga ketika itu.

Sandiaga kemudian merinci jumlah pengeluaran kampanye bersama Anies itu. Ia mengungkap dana pengeluaran untuk pertemuan terbatas sebanyak lima persen dan pembuatan desain alat peraga kampanye sebesar empat persen. Selain itu ada pengeluaran penyebaran bahan kampanye sebesar 36 persen, kegiatan lain yang tidak melanggar larangan kampanye dan peraturan perundang-undangan sebesar empat persen dan pembelian peralatan sebesar satu persen.

Sedangkan untuk penerimaan sumbangan dana kampanye Anies dan Sandiaga sebesar Rp 19,08 miliar. Sumber penerimaan dana kampanye itu berasal dari Sandiaga sebesar Rp 17,2 miliar dan Anies sebesar Rp 0,4 miliar. Ada juga penerimaan sumbangan dari partai Gerindra sebesar Rp 0,75 miliar, Partai Keadilan Sejahtera sebesar Rp 0,35 miliar dan badan usaha sebesar Rp 0,36 miliar. 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...