Thursday, July 13, 2023

HERU BUDI HARTONO TANGGUNG BEBAN FORMULA E ERA ANIES BASWEDAN: LAPORAN DANA RATUSAN MILIAR DITAGIH

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono menanggung beban penyelenggaraan Formula E era Gubernur Anies Baswedan.

Heru yang hanya ditunjuk melanjutkan kepemimpinan Anies sampai Pemilu serentak 2024 itu ditagih soal pertanggungjawaban dana penyelenggaraan ajang balap mobil listrik yang nilainya mencapai ratusan miliar rupiah.

Tak hanya soal keuangan, Heru juga dibebankan evaluasi Formula E Jakarta 2022 dan dituntut untuk lebih baik pada penyelenggaraan tahun ini.

Tuntutan soal Foirmula E itu didapatkan Heru saat sowan ke fraksi-fraksi yang ada di DPRD DKI Jakarta.

Isu Formula E atau Jakarta Eprix itu disampaikan Fraksi PSI dan PAN.

Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Idris Ahmad menagih pertanggungjawaban penyelenggaraan Formula E yang dilaksanakan di era Gubernur Anies Baswedan.

Pasalnya, hingga saat ini Pemprov DKI maupun PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara belum secara terbuka merilis laporan keuangan penyelenggaraan balap mobil listrik bertaraf internasional itu.

"Soal Formula E, di tahun baru kami harap bisa mendengar pertanggungjawaban (penyelenggaraan Formula E 2022) agar (bisa) memutuskan (sikap) bagaimana dua tahun sisanya (Formula E 2023 dan 2024)," ucapnya, Senin (19/12/2022).

Idris menjelaskan, Formula E jadi salah satu program Gubernur Anies Baswedan yang sejak awal dikawal Fraksi PSI.

Terlebih, gelaran balap mobil listrik itu sudah menelan anggaran Rp560 miliar dari APBD DKI.

"Akhirnya ekspektasi kami adalah bagaimana melihat pelaksanaan ini sebenarnya tanggungjawabnya kemarin seperti apa. Karena itu bagian dari diskusi kami juga," ujarnya.

Soal Formula E sebelumnya juga jadi fokus utama PAN, hal ini diungkapkan oleh politikus muda Farazandy Fidinansyah.

Hal ini disinggungnya tepat dihadapan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono yang memang tengah melakukan kunjungan atau sowan ke fraksi-fraksi yang ada di DPRD DKI Jakarta.

"Formula komitmen masih dua tahun ke depan. Evaluasinya kalau pun nanti ke depannya saya kan enggak tahu, kalau pun nanti menjadi legacy bapak ke depan mohon dipersiapkan. Jangan kayak kemarin, mepet pak," katanya ke Heru Budi di ruang Fraksi PAN, Senin (19/12/2022).

Kendati demikian, ia masih mengapresiasi penyelenggaraan balap mobil bertaraf internasional di era Gubernur Anies ini, meski secara dampak dinilai masih banyak kekurangan.

"Jujur kalau penyelenggaraan kita apresiasi, tapi untuk festival, dampak ekonomi ke masyarakat dan lain-lain jujur masih banyak kekurangannya pak," lanjutnya.

Selanjutnya, ia kembali mengingatkan eks Wali Kota Jakarta Utara itu untuk mempersiapkan penyelenggaraan Formula E secara matang.

Sebab, kata dia, bisa menjadi legacy atau warisan di era kepemimpinan Pj Gubernur Heru Budi.

“Saya berharap Formula E ke depan bisa menjadi legacy bapak. Bisa lebih baik lagi," paparnya.

Diwartakan sebelumnya, Jakarta kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang balap Formula E

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...