Saturday, July 1, 2023

KADA LAGI SAFARI KE INDONESIA, KINI ANISE DIJUAL KE ARAB

Anies Baswedan dan Arab Saudi kerap dikaitkan untuk dijadikan bahan hoaks, hal ini tentu dapat menimbulkan persepsi yang salah.

Beredar di media sosial postingan foto yang mengklaim Anies Baswedan dan Raja Salman melakukan Tawaf dengan dikawal aparat kerajaan Arab Saudi. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 25 Juni 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Anies Baswedan dan Raja Salam dengan latar belakang Ka'bah. Foto itu disertai narasi "Bagai Presiden, Anies& Raja Salman dikawal aparat kerajaan saat Tawaf".

Akun itu juga menambahkan narasi "Anies for presiden". Hingga saat ini postingan itu telah mendapatkan 188 komentar dan 32 kali dibagikan.

Lalu benarkah postingan foto yang mengklaim Anies Baswedan dan Raja Salman melakukan Tawaf dengan dikawal aparat kerajaan Arab Saudi?

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan foto yang identik dengan postingan. Foto itu diunggah oleh Suara.com dalam artikel berjudul "Jokowi Umroh Jelang Pencoblosan, Pengamat Sebut Bisa Naikkan Suara" yang tayang pada 16 April 2019.

Namun dalam foto tersebut tidak ada wajah Anies Baswedan dan Raja Salman seperti dalam postingan. Faktanya, wajah Anies Baswedan dan Raja Salman merupakan hasil editan dari foto aslinya.

Gambar yang identik juga ditemukan dalam video berjudul "Presiden Jokowi Menunaikan Ibadah Umrah, Makkah, 15 April 2019" yang diunggah akun Kementerian Sekretariat Negara di Youtube pada 16 April 2019.

Dalam video itu tepatnya pada menit 2:05 terdapat gambar yang identik dengan postingan. Kesamaan terdapat pada seseorang yang berada di samping Jokowi dan Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming yang berada di belakangnya.

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...