Monday, July 17, 2023

MENGEJUTKAN! ANIES NGEBONGKAR BOROK SENDIRI

Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan mengatakan kemiskinan ekstrem masih terjadi pusat pemerintahan negara, DKI Jakarta.

Anies mengaku meriset hal tersebut saat berkeliling sebelum menjadi gubernur. Menurut Anies, kesenjangan sosial di ibu kota sangat tinggi.

"Kemiskinan ekstrem itu tidak di pelosok yang jauh di sana, tapi adanya justru di pusat pemerintahan negara kita Jakarta," ujar Anies dalam Rakernas XVI Apeksi di Makassar, Kamis (13/7).

Anies menilai kesenjangan sosial yang tinggi di perkotaan perlu dibereskan terlebih dahulu dari pada permasalahan lain.

"Yang ekstrem miskin di situ, yang ekstrem kaya juga di situ. Jadi, ketimpangan di kota-kota kita itu ketimpangan yang harus dibereskan agak awal," katanya.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyebut ketimpangan dan permasalahan tersebut terletak pada pertumbuhan yang tidak berkeadilan.

"Di Jakarta ini, kalau kita lihat tata ruangnya itu berkembang tanpa dikendalikan sebuah visi tentang pergerakan penduduk," katanya.

Ia juga menyoroti soal tata ruang di Jakarta. Anies menyebut ruang terbuka di Jakarta tersisa 8 persen saja, sedangkan 92 persen lainnya sudah tertutup.

"Jakarta itu tinggal 8 persen tanah terbuka 92 persen tertutup. Kami lihat di Jakarta adalah fenomena yang bisa terjadi di kota-kota lain beberapa dekade yang akan datang," ucapnya.

Anies lantas berpendapat bahwa kota-kota di Indonesia perlu ditata agar layak dihuni masyarakat. Sebab, menurutnya, banyak penduduk tinggal di kota dari pada di desa sejak 2009.

"Urbanisasi tak bisa dihindari, tapi masalah yang ada di kota itu adalah pilihan, mau membiarkan atau mengantisipasi?" ujar Anies.

Ia tak mempermasalahkan adanya urbanisasi. Namun, ia menilai Jakartanisasi tidak baik untuk Indonesia.

"Urbanisasi bagi-baik saja, tapi yang tidak boleh itu Jakartanisasi, ke Jakarta semua. That's no good. Kalau urbanisasi itu baik, normal di seluruh dunia," katanya.

 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...