Saturday, August 19, 2023

PEMPROV DKI DAPAT TUGAS GANTI RUMPUT JIS, JAKPRO: TAK GUNAKAN APBD

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memastikan penggantian rumput Jakarta International Stadium (JIS) yang saat ini dibebankan ke Pemprov DKI tak akan menggunakan Penyertaan Modal Daerah (PMD) dari APBD. Rumput JIS diganti karena disebut tak sesuai standar FIFA untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 pada November-Desember 2023.

"Tidak, tidak menggunakan PMD," ujar Dirut PT Jakpro Iwan Takwin saat dikonfirmasi pada Rabu (16/8/2023).

Iwan memastikan penggantian rumput venue Piala Dunia U-17 itu akan menggunakan anggaran Jakpro. Ia menyebut Jakpro selalu memiliki anggaran untuk pengembangan fasilitas, tak terkecuali untuk lapangan sepak bola itu.

"Kalau anggaran kan kita selalu ada untuk pengembangannya. Kan harus ada, sudah siap," ucap Iwan.

Hanya saja, tidak disebutkan besaran anggaran yang dikeluarkan untuk mengganti rumput stadion. Total anggaran masih dikaji.

"Belum (ada), Masih dianalisa," kata dia.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, penggantian rumput JIS kini menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pemprov DKI Jakarta juga akan memperbaiki akses masuk JIS dari sisi Timur ke Barat melintasi Danau Cincin. Namun, ia tak menegaskan soal target penyelesaian perbaikan JIS.

"Segera. Orang tinggal 93 hari lagi. Besok sudah tinggal 92 hari. Jadi makin cepat makin bagus," ucap Heru.

Semula, penggantian rumput JIS agar sesuai standar FIFA itu menjadi tanggung jawab dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Selain itu, PUPR juga kebagian tugas untuk membangun JPO sebagai akses masuk penonton yang memarkirkan kendaraannya di Ancol.

"Untuk jembatan penyebrangan dan lainnya adalah Menteri PUPR," kata Heru.

Untuk diketahui, JIS menjadi salah satu dari empat stadion yang menjadi venue Piala Dunia U-17 yang berlangsung November-Desember 2023. Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebelumnya mengusulkan kepada Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) agar tim nasional Indonesia dapat bertanding di Jakarta selama Piala Dunia FIFA U-17 2023.

"Kita juga mengusulkan tim nasional Indonesia bermain di Jakarta, lalu pembukaan di Jakarta, semifinal dan final di Solo seperti yang U-20," kata Erick di Indonesia Arena, Jakarta, Senin (7/8/2023).

PSSI juga sudah mengusulkan agar Piala Dunia FIFA U-17 hanya digelar di empat kota, yakni Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya. Menurut Erick, rencananya ada dua grup yang digelar di Jakarta, lalu dua grup di Bandung, satu grup di Solo, dan satu grup di Surabaya. Baca juga: Gaduh JIS dan TIM Salah Sejak Lahir Bikin Fraksi PKS Meradang...

Kenapa empat stadion juga, memikirkan logistik, terbang ke sini, terbang ke sini, kan itu semua harus diperhitungkan," kata Erick. Kendati demikian, Erick menegaskan, semua rencana tersebut akan berpulang kepada FIFA yang bakal membuat keputusan. Oleh karena itu, pemerintah juga akan menggelar rapat untuk membahas rencana kedatangan FIFA pada akhir Agustus 2023. 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...