Wednesday, October 4, 2023

GERINDRA SENTIL BALIK CAK IMIN SOAL FOOD ESTATE: DULU ENGGAK DIUCAPKAN

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani merespons kritik Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang menyebut proyek lumbung pangan alias food estate gagal.

Muzani mengaku belum mendengar pernyataan Cak Imin. Namun, ia merasa heran lantaran pernyataan itu baru dilontarkan hari ini.

"Saya belum dengar, dulu enggak diucapkan kok sekarang diucapkan, gitu lho," kata Muzani di Jakarta Barat, Rabu (27/9).

Sebelumnya Cak Imin menilai proyek food estate terbukti gagal. Ia menyampaikan demikian dalam menjawab pertanyaan soal melambungnya harga bahan pokok terutama beras.

Menurutnya, masalah pangan di Indonesia tak bisa diselesaikan melalui program food estate.

"Food estate terbukti gagal," kata Cak Imin saat ditemui di Menara Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (27/9).

Cak Imin mengatakan produktivitas pangan harus digerakkan secara masif melalui peningkatan produktivitas lahan serta tanah milik rakyat dan petani.

Jika tak dilakukan, Cak Imin memprediksi ke depannya Indonesia akan terus mengimpor bahan-bahan pokok. Ia menilai hal ini sangat berbahaya bila negara-negara produsen sedang mengalami krisis pangan.

Adapun sebelum bergabung ke Koalisi Perubahan pengusung Anies Baswedan, PKB tergabung dengan Gerindra di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya pengusung Prabowo.

Namun, di pertengahan jalan PKB mundur dan bergabung ke Koalisi Perubahan serta Cak Imin pun tampil menjadi bakal cawapres Anies.

Sebelumnya, PDIP mengkritik kebijakan food estate yang ditangani Prabowo. Sekjen PDIP mengatakan akan melakukan kajian mendalam tentang proyek ini.

Menurutnya, ada sejumlah kesalahan di kebijakan tersebut. Salah satunya cara pembukaan lahan dengan membabat hutan dan menggusur warga.

"Dalam praktik pada kebijakan itu ternyata disalahgunakan, dan kemudian hutan-hutan justru ditebang habis, dan food estate-nya tidak terbangun dengan baik. Itu merupakan bagian dari suatu kejahatan terhadap lingkungan," tutur Hasto saat ditemui di Bogor, Selasa (15/8). 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...