Sunday, January 21, 2024

SURYA PALOH MULAI LEPAS ANIES! ELEKTABILITAS RENDAH DAN TERACAM KALAH DI PUTARAN PERTAMA

Surya Paloh seolah menjadi satu-satunya ketua umum partai politik (parpol) yang belum “turun gunung” di Pemilu dan Pilpres 2024. Padahal, Partai NasDem adalah pengusung pertama dan utama Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Lalu, mengapa Surya Paloh begitu pasif?

Interpretasi mengenai “dihantui” tekanan tertentu hingga merupakan bagian dari strategi politik tertentu kiranya hadir di atas meja analisis saat melihat belum turun gunungnya Surya Paloh di Pemilu dan Pilpres 2024 kali ini. Bahkan, meski Partai NasDem adalah partai pengusung utama duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Ya, di balik ingar bingar kompetisi narasi dari para elite, termasuk ketua umum partai politik, Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem seolah bermain tenang dari balik layar.

Mulai dari absen mengantar duet AMIN ke KPU untuk mendaftar sebagai peserta Pilpres 2024, tak terlihat di acara tiga debat kandidat, hingga sangat jarangnya pemberitaan suara Paloh merespons dinamika proses politik tahun ini.

Padahal, jika menengok ke dua partai utama pengusung duet rival, yakni Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang notabene adalah capres serta Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, keduanya sangat aktif saling sahut dan bernarasi.

Terlepas dari perannya di balik layar, di antara ketum parpol lainnya pun, Paloh menjadi satu-satunya yang seolah begitu pasif di panggung depan atau frontstage sengitnya persaingan menuju kontestasi elektoral 2024.

Presumsi yang mempertanyakan kesungguhan Paloh, hingga komitmennya terhadap duet pencapresan dan pencawapresan Anies-Imin kiranya tak berlebihan saat pada akhirnya mengemuka.

Lalu, mengapa Paloh masih belum turun gunung dan begitu menahan diri di balik layar? Benarkah seperti interpretasi yang sudah disebutkan di awal?

Jika menengok ke Pilpres 2014 dan 2019, sikap politik Paloh seolah begitu kontras saat ini. Itu belum termasuk manuver para elite Partai NasDem yang pergerakan aksi dan narasinya tak semasif elite di parpol-parpol koalisi rival.

Namun, hal ini bisa saja merupakan strategi politik tertentu.

Pertama, posisi ketum yang diemban Paloh kiranya bisa sangat strategis dalam membentuk opini. Tapi di sisi lain, dampaknya bisa fatal saat tak sengaja melakukan blunder komunikasi politik.

Selain itu, dalam adagium di politik Amerika Serikat (AS), yakni silent is a political act atau diam sesungguhnya adalah tindakan politik, kiranya relevan untuk menggambarkan sikap Paloh. Tinggal motif di balik sikap itu yang kiranya perlu dianalisis lebih lanjut.

Kedua, Paloh mungkin sejak awal ingin menghindari impresi dan predikat puppet leader atau pemimpin boneka kepada Anies sebagai jagoannya. Seperti yang diketahui, impresi tersebut adalah salah satu celah yang sangat mungkin dieksploitasi oleh rival politik mereka dalam kampanye. 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...