Sunday, August 13, 2023

ANIES GAK BECUS BEKERJA! PROYEK RENOVASI PASAR SENEN AJA MANGKRAK. APALAGI NASIB IKN NUSANTARA

Proses revitalisasi Pasar Senen Blok VI tak kunjung selesai meski sudah bertahun-tahun. Akibatnya para pedagang harus dipindah dan berjualan di pasar penampungan sementara.

Berdasarkan pengamatan detikcom, Rabu (2/8/2023), pasar penampungan sementara ini berlokasi tepat bersebelahan dengan proyek revitalisasi blok VI. Kondisi pasar ini terlihat kurang layak, baik dari luar maupun dalam pasar.

Di kawasan ini tidak ada area parkir khusus yang disediakan. Akibatnya, dari luar terlihat banyak motor dan barang-barang dagangan berjejer sampai ke trotoar. Di bagian dalam jarak antar pedagang satu dengan lainnya juga sangat berdekatan hingga membuat suasana sekitar menjadi terasa sesak.

Salah seorang pedagang tas di pasar penampungan tersebut, Samsul (53), menjelaskan rencana revitalisasi Pasar Senen Blok VI ini sejatinya sudah disampaikan kepada para pedagang jauh sebelum pemindahan lokasi jualan dilakukan.

Pemindahan lokasi dagang ini sendiri baru dilakukan pada Juli 2018 lalu, atau pada saat Anies Baswedan menjabat Gubernur DKI saat pasar penampungan sementara selesai dibangun.

"Sebelum itu kan sudah ada persiapan mau pindah ke sini. Setahun-setahun sebelumnya sudah ada wacana mau pindah ke penampungan, jadi sebelum pindah kan dibikinlah penampungan ini dulu, setelah selesai ya kami dipindah ke sini. Pindah ke penampungan ini akhir Juli 2018," kata Samsul kepada detikcom.

Berharap proses revitalisasi itu cepat diselesaikan, ternyata proyek pembangunan blok VI Pasar Senen ini malah mangkrak di tengah jalan. Padahal pada 2021 lalu proyek ini sempat dilanjutkan kembali yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur DKI Jakarta kala itu, Anies Baswedan.

"Peletakan batu pertama sama Pak Anies, setelah itu bekerjanya cuma sebentar. Awalnya masuk alat-alat berat, habis itu tiang pancang ada beberapa, habis itu selesai (mangkrak lagi). 2 bulan aja nggak ada saya rasa," jelasnya.

Sejak saat itu proyek ini belum dikerjakan lagi. Bahkan saat ini kondisinya sudah sangat tak terawat hingga banyak ditumbuhi semak belukar dan tanaman liar.

Hal senada juga disampaikan oleh pedagang lain, Rina (50). Pedagang yang sudah berjualan selama 18 tahun di area Pasar Senen itu mengaku sudah dipindah ke area penampungan sementara sejak 5 tahun lalu.

"Kalau kami disuruh pindah kan memang sudah lama, sebelum kami dipindah kan memang sudah ada pemberitahuan. Kami akan dipindah karena pasar yang lama tidak layak dipakai karena kan sudah berapa kali terjadi kebakaran. Jadi ya kami terpaksa mengikuti aturan," kata Rina.

Rina mengaku setelah 2018 proyek mangkrak ini sempat dikerjakan lagi pada 2021 lalu. Namun tidak lama setelah itu proyek kembali mangkrak dan hingga saat ini ia tidak mendapatkan kabar apapun terkait kelanjutan revitalisasi tersebut.

"Dulu sih sudah sempat ya pasar ini dilihat gitu ya sudah sempat mau dibangun lagi, tapi entah lah beritanya hilang lagi saya nggak ngerti gitu," tutur Rina.

"Sudah sempat dulu Gubernur (Anies) datang ke sini, kita juga udah semangat udah dikasih ucapan selamat karena ini mau dibangun tapi sekian tahun kok beritanya hilang lagi," tambahnya. 

No comments:

Post a Comment

CALEG PENGUSUNG ANIES MUHAIMIN PUTUS ALIRAN AIR WARGA KARENA BEDA PILIHAN DUKUNGAN

Akibat beda dukungan pada pemilihan calon anggota DPR RI, aliran air ke rumah salah seorang warga di putus oleh tim sukses. Kondisi mempriha...